Teknik Brainstorming Pengusaha Lengkap dan Terbaru Tahun 2019 dan 2020

0 28

Teknik Brainstorming Pengusaha– Brainstorming merupakan salah cara terbaik utnuk menghasilkan dan mencari ide-ide baru untuk meningkatkan penghasilanmu dalam bisnis yang ada. Dalam dunia usaha khususnya pengusaha, brainstorming sering dilakukan dalam kelompok atau bahkan sebagaikan solopreneur sekalipun. Selain itu, teknik brainstorming juga sangat membantu kamu untuk lebih memahami bagaimana perkembangan bisnismu saat ini dan bagaimana memfokuskan waktu agar lebih efisien.

Untuk memahami dan mengetahui lebih lengkap tentang teknik brainstorming, trikbisnis.net merangkum beberapa teknik brainstorming pengusaha lengkap dan terbaru tahun 2019 dan 2020 yang dapat membantu memperluaskan pikiran dan ide-ide untuk bisnis dan usaha milikmu sebagai berikut.

Teknik Brainstorming Pengusaha

1. Mulai dengan sebuah pertanyaan

Selama menjalankan bisnis tentunya kamu memiliki banyak pertanyaan di benak dan pikiran seperti menanyakan bisnis apa yang akan membantu kamu mencapai sasaran dan lain sebagainya. Nah, kumpulkan semua pertanyaan-pertanyaan itu dan jawablah satu persatu untuk menghasilkan ide-ide baru. Berikut beberapa contoh pertanyaan untuk klien bisnis:

  1. Apa satu hal yang paling diinginkan klien saya?
  2. Ke mana pelanggan saya pergi untuk mencari bantuan dengan apa yang saya tawarkan?

Buatlah pertanyaan-pertanyaan seperti contoh diatas dan jawablah.

2. Gunakan Peta Kata dan Pikiran

 

Peta Kata dan Pikiran sangat ideal untuk kamu yang sering merespons alat visual seperti halnya yang dilakukan leonardo da vinci. Sebenarnya program peta pikiran sudah ada di komputer dan aplikasi perangkat digital, namun kali ini trikbisnis.net memberikan cara sederhana membuat peta kata dan pikiran melalui selembar kertas dan pensil sebagai berikut:

  • Mulai dengan kata, pertanyaan dan gambar di tengah halaman. (ex kata : nama, slogan, merek dan tujuan bisnismu)
  • Buat garis dari pusat ke luar dan tambahkan kata, pertanyaan maupun konsep terkait. kamu bisa menghasilkan ide sebanyak mungkin seperti yang kamu inginkan untuk tingkat berikutnya.
  • Dari konsep tingkat kedua, buat garis dan tambahkan kata-kata yang terkait dengan sub topik.
  • Ulangi ke tingkat ketiga dan seterusnya dengan kata kunci terkait sesuai ide-ide yang muncul di pikiranmu.

Misalnya, jika kamu ingin memulai bisnis berkebun organik, kamu dapat menulis peta kata dan pikiran “organik” dan “berkebun”. Untuk setiap kata, tuliskan kata-kata terkait yang muncul di pikiranmu. Lakukan terus menerus, dengan itu kamu bisa menghasilkan banyak ide-ide untuk usaha milikmu.

3. Gunakan Analisis SWOT

 Analisis SWOT

Selain membantu rencana bisnismu, analisis SWOT juga termasuk teknik brainstorming yang hebat. Untuk mengggunakan analisis SWOT perhatikan beberapa langkahnya berikut ini.

  • Buat kotak empat persegi beserta gambar garis vertikal di tengah selembar kertas, kemudian garis di tengah horizontal.
  • Di kotak kiri atas, letakkan “Strengths” dan kotak kanan atas “Weaknesses”.
  • Di kotak kiri bawah tulis, “Peluang dan di kotak kanan bawah “Ancaman”.

Di setiap kotak, tuliskan kata-kata yang sesuai, ide dan konsep yang muncul di pikiranmu.

4. Menerima Masukkan Klien dan Pelanggan

Masukkan dan Saran dari klien membantu kamu menghasilkan ide untuk membuat pengalaman yang lebih baik bagi mereka.

5. Tanyakan Siapa, Apa, Mengapa, Kapan, Dimana dan Bagaimana

Sama halnya dengan poin pertama diatas, dalam teknik brainstorming mencari jawaban atas pertanyaan hal wajib yang harus kamu lakukan. Meskipun terlihat mudah, terkadang banyak diantara kalian yang bingung membuat pertanyaan. Maka dari itu, awali dengan dasar – dasar sepertri siapa, apa, mengapa, kapan, dimana dan bagaimana. Dengan itu kamu bisa dengan mudah membuat pertanyaan dan menghasilkan banyak ide untuk meningkatkan bisnismu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.